Menu

Pengaruh Strategi Pasar Produk Dan Penciptaan Nilai Terhadap Keunggulan Bersaing Serta Implikasinya Pada Citra Bank Dan Kinerja Pemasaran (Suatu Survey Pada Bank Perkreditan Rakyat Di Provinsi Jawa Barat)

October 8, 2018 - Karya Sastra

Saat ini, posisi lembaga keuangan dan perbankan di Indonesia sangatlah strategis, karena memiliki fungsi yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara, fungsi yang dimaksud yakni fungsi sebagai lembaga intermediasi keuangan. Menurut Undang-Undang RI. No. 10 tahun 1998 bank dibedakan menjadi dua kategori yaitu bank umum dan Bank perkreditan Rakyat ( BPR). Bank umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvesional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Sedang BPR adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Artinya kegiatan BPR lebih sempit jika dibandingkan dengan kegiatan bank umum. Dalam penghimpunan dana BPR hanya diperbolehkan menghimpun dana masyarakat berupa simpanan dalam bentuk tabungan dan deposito, dan dilarang membuka simpanan giro, ikut kliring dan transaksi valuta asing.

Industri BPR menempati peran yang cukup strategis dalam perekonomian Indonesia terutama dalam mendorong perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Hal utama yang menjadi kunci sukses BPR dalam memberikan pelayanan tersebut adalah lokasi BPR yang dekat dengan masyarakat yang membutuhkan prosedur pelayanan yang sederhana dan lebih mengutamakan pendekatan personal serta fleksibilitas pola dan model pinjaman. Apabila kita amati, perkembangan yang terjadi pada industri BPR selama beberapa tahun terakhir perlu kita berikan apresiasi tersendiri.

Namun demikian, BPR masih memiliki kendala, yakni dalam hal persaingan, dimana kontribusi BPR secara nasional hanya 4% dibandingkan dengan kontribusi bank umum, selain itu strategi segmenting, targeting, dan positioning masih dilakukan secara sporadis belum mengarah pada strategi penciptaan nilai, yakni menciptakan suatu unique product, yang berbeda dibandingkan dengan produk pesaing. Selanjutnya berkaitan dengan masalah citra, BPR masih di citrakan relatif kurang baik, khususnya dalam hal pengelolaan maupun dalam hal layanan, begitupun terhadap masalah kinerja pemasaran, nasabah masih mempersepsikan kinerja BPR secara umum relatif sesuai dengan harapan. Penelitian ini diharapkan dapat mengungkap variabel-variabel yang mempengaruhi kinerja pemasaran dan citra BPR. Variabel-variabel dimaksud adalah strategi pasar produk, penciptaan nilai, dan keunggulan bersaing.

Karakteristik yang akan di uji dalam penelitian ini adalah strategi pasar produk dan penciptaan nilai yang diduga berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing serta berimplikasi pada citra BPR maupun kinerja pemasarannya. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk variabel yang bersifat kualitatif dan analisis verifikatif berupa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji statistik untuk hal-hal yang bersifat kausalitas. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan unit analisis BPR. Jumlah sampel sebanyak 300 responden yang ditentukan secara Stratified Random Sampling terhadap BPR di Provinsi Jawa Barat. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi pasar produk dan penciptaan nilai berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, citra bank, dan kinerja pemasaran. Tetapi pengaruh penciptaan nilai lebih besar dari pengaruh strategi pasar produk terhadap kinerja pemasaran. Hal ini mencerminkan bahwa untuk mengoptimalkan kinerja pemasaran, masih di dominasi oleh strategi pasar produk. Meskipun demikian, pengaruh penciptaan nilai terhadap keunggulan bersaing dan citra bank, kontribusi strategi pasar produk masih lebih besar jika dibandingkan dengan kontribusi penciptaan nilai. Oleh karena itu, BPR harus memperhatikan dan meningkatkan penciptaan nilai agar kinerja pemasaran semakin meningkat dan mempunyai pengaruh langsung dalam meningkatkan keuntungan BPR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *